Wednesday, June 5, 2013

Bacaan-Bacaan Sholawat



Bacaan-Bacaan Sholawat

1. Sholawat Fatih (untuk memudahkan semua kesulitan)
اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِيْ اِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat dan salam serta keberkahan atas Nabi Muhammad SAW, pembuka sesuatu yang tertutup, penutup dari (nabi-nabi) yang telah lalu, penolong kebenaran dengan kebenaran, penunjuk kepada jalan-Mu yang lurus, dan atas seluruh keluarga dan sahabat-sahabatnya, yang benar ketetapannya dan mulia ukurannya.

2. Sholawat Sa’adah (agar berbahagia dengan ilmu)
اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ اللهِ صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللهِ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat dan salam serta barokah senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang banyak ilmunya, shalawat yang terus menerus sebagaimana kekalnya kerajaan Allah.

3. Sholawat Qodar (agar mulia derajat tinggi)
اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ الْحَبِيْبِ الْعَالِيْ الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهْ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat dan salam serta barakah senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi (tidak dapat tulis dan baca) yang terkasih dan atas seluruh keluarga dan para sahabatnya.

4. Sholawat Ta’dil (agar mulia bisa haji, bisa jadi wali)
اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تَعْدِلُ جَمِيْعَ صَلَوَاتِ اَهْلِ مَحَبَّتِكَ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَلاَمًا يَعْدِلُ سَلاَمَهُمْ.
Artinya: Ya Allah, berilah pada junjungan kami Nabi Muhammad shalawat yang sempurna yang merata pada semua shalawatnya orang yang mencintaimu dan berilah salam sejahtera kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang merata pada salam mereka.

5. Sholawat Lamhat (agar diajari ilmu oleh Allah)
اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْكٍ لَكَ.
Artinya: Ya Allah, berilah shalawat yang sempurna pada junjungan kami Nabi Muhammad di setiap saat dan setiap nafas dengan bilangan setiap sesuatu yang Engkau ketahui.

6. Sholawat Anwar (agar mudah menyelesaikan masalah)
اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ مَا انْفَلَقَتِ اْلأَنْوَارُ اِلاَّ بِذَاتِهِ.
Artinya: Ya Allah, berilah rahmat sempurna pada junjungan dan penolong kami Nabi Muhammad, yang mana cahaya-cahaya tidak bisa bersinar kecuali dengan dzatnya (Muhammad Saw).

7. Sholawat Barokah (dapat rizki barokah dan ibadah istiqomah)
اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً يُبَارِكُنِيْ فِيْهَا مَالِيْ وَيَسْتَقِيْمُ بِهَا حَالِيْ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
Artinya: Semoga shalawat senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. (Ya Allah) berkahilah hartaku dan luruskanlah keadaanku (karena shalawat) dan atas keluarga dan para sahabatnya dan salam.

8. Sholawat Thibbil Qulub (supaya sehat)
اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَاءِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَاءِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
Artinya: Ya Allah, semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad penyembuh dengan obatnya, penyehat badan dengan penawarnya, penyinar hati dengan cahayanya, dan kepada keluarga serta sahabatnya serta sahabatnya dan salam.

9. Sholawat memberi zakat pada semua umat Nabi Muhammad
اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلِّ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad, shalawat atas orang-orang yang beriman dan beragama Islam.

10. Sholawat supaya dapat syafaat para nabi dan rasul
اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى سَائِرِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِمْ وَصَحْبِهِمْ اَجْمَعِيْنَ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad dan para nabi dan rasul seluruhnya dan kepada keluarga serta para sahabatnya.

11. Sholawat supaya dapat rizki luas dan akhlaq baik
اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُوَاسِعُ بِهَا عَلَيْنَا اْلأَرْزَاقَ وَتُحَاسِنَ بِهَا لَنَا اْلأَخْلاَقَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Shalawat yang dengannya diluaskan rizkiku, dan diperbagus akhlakku dan kepada keluarga serta para sahabatnya dan salam.

12. Sholawat Kamilat (supaya dapat kesempurnaan)
اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا لاَ نِهَايَةَ لِكَمَالِكَ عَدَدَ كَمَالِهِ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Shalawat yang dengannya diluaskan rizkiku, diperbagus akhlakku, dan kepada keluarga serta para sahabatnya dan salam.

13. Supaya mendapat pertolongan Allah
نَصْرٌ مِنَ اللهِ وَفَتْحٌ قَرِيْبٌ.
Artinya: Pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat.

14. Supaya kuat dan sehat
يَا قَوِيُّ يَا مَتِيْنُ.
Artinya: Wahai Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

15. Perbanyak membaca
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Kuasa dan tidak ada Tuhan selain Allah.

16. Sholawat Munjiyat (untuk hajat dan derajat)
اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلأَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat yang sempurna tercurahkan pada junjungan kami Nabi Muhammad yang dapat menyelamatkan kami dari kebingungan dan bahaya dan dapat memenuhi segala kebutuhan kami dan mensucikan kami dari segala keburukan dan menaikkan kami di sisi-Mu derajat yang paling tinggi dan menyampaikan kami pada ujung tujuan dari segala kebaikan dalam kehidupan dan sesudah kematian dan semoga juga tercurah pada keluarganya sahabat-sahabatnya dan berilah salam sejahtera.

17. Sholawat supaya kuat ibadah, puasa dan kuat melek
اَللهم لَكَ الْحَمْدُ وَاِلَيْكَ الْمُشْتَكَى وَاَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَنَسْتَعِيْنُكَ عَلَى فَسَادِ فِيْنَا وَنَسْأَلُكَ صَلاَحَ اَمْرِنَا كُلَّهُ.
Artinya: Ya Allah, bagimu segala pujian dan kepadamu tempat mengadu dan kepadamu tempat memohon pertolongan dan tidak ada daya dan upaya/ kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, kami memohon pertolongan-Mu atas kerusakan kami dan kami meminta-Mu kebaikan seluruh urusan kami.

18. Sholawat supaya dapat pertolongan dan syafaat nabi
اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ.
Artinya: Ya Allah, semoga shalawat dan salam tercurahkan pada junjungan kami Nabi Muhammad yang menjadi seorang Nabi yang tidak bisa menulis dan membaca.

19. Sholawat kaya
اِلَى حَضْرَةِ مَلاَئِكَةِ جِبْرِيْلَ ..... الْفَاتِحَة
اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ..... الْفَاتِحَة
اِلَى حَضْرَةِ شَيْخ اَبَاهْ مَسْعُوْد طه ......  الْفَاتِحَة
اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ غِنَى فَقْرِيْ وَحَيَاةِ رُوْحِيْ وَهُدَى قَلْبِيْ وَشَرْحِ صَدْرِيْ وَنَجَاتِيْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ ذَرَّةٍ 1000×/100×
Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat, selamat dan berkah atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya sebanyak jumlah biji-bijian (yang menyebabkan) kaya dari fakirku, hidupnya ruhku, petunjuk hatiku, kelapangan dadaku dan kebahagiaanku di dunia dan akhirat.
Kalau punya hajat besar dibaca 1000x, kalau hajatnya sedang dibaca 100x.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment